Powered By Blogger

Kamis, 25 Februari 2010

Tips Menyusun Metodologi Penelitian

1. KONSEP
Konsep adalah pengertian abstrak yang digunakan para ilmuwan sebagai komponen dalam membangun proposisi dan teori

2. VARIABEL
Variabel adalah bentuk yang dapat diukur dari konsep, atau dengan kata lain, variabel adalah konsep yang dapat diukur

3. PROPOSISI
Proposisi adalah pernyataan tentang realitas yang dapat di evaluasi benar atau salahnya

4. HIPOTESIS
Hipotesis adalah proposisi yang dibuat dan dimaksudkan untuk mengumpulkan bukti - bukti dalam rangka pengujian dari proposisi tersebut. Hipotesis juga dapat disebut sebagai dugaan sementara atau jawaban sementara atas permasalahan penelitian yang memrlukan data untuk menguji kebenaran dari dugaan tersebut. Adapun dugaan ini harus didasarkan atas suatu atau beberapa dasar pemikiran yang disebut juga TEORI.
Hipotesis juga dapat dikatakan merupakan pernyataan hubungan yang mungkin terjadi antara dua atau lebih variabel dengan kemungkinan yang berdasarkan teori.

5. TEORI
Teori adalah sistem dari proposisi ( kumpulan dari proposisi yang saling berkaitan )

6. METODOLOGI
Metodologi adalah review sederhana masalah yang perlu dipertimbangkan ketika menangani subjek di tangan.
Dengan kata lain, Anda perlu menentukan pertanyaan 2 bahwa Anda sedang berusaha untuk menjawab dan masalah-masalah yang mungkin Anda hadapi dalam mencari jawaban.
Anda juga perlu memasukkan definisi umum atau beberapa jenis gambaran dari pendekatan yang akan Anda gunakan dalam melakukan riset Anda. . Berikutnya, Anda akan perlu untuk menyediakan deskripsi menyeluruh tentang bagaimana Anda akan melakukan pengumpulan data yang diperlukan serta prosedur analitis akan Anda gunakan untuk menarik kesimpulan berdasarkan informasi ini.

Metodologi dari sebuah penelitian tidak selalu dimaksudkan untuk memberikan detail yang begitu banyak pembaca sepenuhnya dapat menciptakan proses yang Anda gunakan untuk melakukan riset Anda. Pada saat yang sama, harus cukup teliti bahwa pembaca dapat melihat dengan jelas bahwa Anda menyeluruh dalam metode dan bahwa metodologi yang digunakan adalah suara Anda. Dengan kata lain, harus menunjukkan bahwa Anda mengambil berbagai variabel ke dalam account dan bahwa Anda dapat cukup yakin bahwa hasil yang akurat.

Seperti halnya jenis penulisan, bab metodologi Anda harus menyertakan sebuah pengantar paragraf yang menggambarkan masalah yang Anda akan berbicara melalui metodologi Anda. berikutnya tidak boleh pergi ke alamat lebih jauh masalah ini, namun. . Sebaliknya, paragraf yang mengikuti harus memberikan penjelasan tentang metode yang Anda akan menggunakan untuk mengumpulkan data yang diperlukan untuk mengatasi masalah. Selain menjelaskan metode ini, Anda mungkin juga memberikan pembenaran untuk memilih metode penelitian ini.
Ketika memberikan pembenaran untuk metode penelitian yang Anda gunakan, Anda mungkin juga memberikan penjelasan untuk tidak memutuskan untuk memanfaatkan beberapa metode penelitian yang diterima umum. Atau, Anda bisa memberikan penjelasan untuk sengaja termasuk atau tidak termasuk kelompok-kelompok tertentu dari penelitian Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar